candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Henny Zurika Lubis, Anita Harahap

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui penggunaan media monopoli. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes bentuk tes uraian (essay test) dengan beberapa soal setiap siklus. Observasi yang dilakukan dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan siswa yang terlihat dari aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media yang telah diterapkan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pada saat pre tes terdapat 15 orang (42,85%) siswa yang tuntas belajar, sedangkan pada siklus I terdapat 23 orang (65,71%) yang tuntas, dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 31 orang siswa (88,57%). Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari pre-test sampai post test siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the accounting students improve learning outcomes through the use of media monopoly. The instruments used in data collection in this study is the tests and observation. The test used is a test form test description (essay test) with a few questions each cycle. Observations made in this study is intended to determine the ability of students are evident from the activity of students in the learning process by using media that has been applied during the learning process. Based on the research results, the obtained results show that during the pre-test, there were 15 people (42.85%) of students who pass the study, whereas in the first cycle there are 23 people (65.71%) were completed, and the second cycle the number of students were thoroughly studied to 31 students (88.57%). This shows that there is an increase in learning outcomes from pre-test to post-test cycle II. It can be concluded that the use of the media monopoly can improve student learning outcomes accounting.

 

Kata kunci: Media Monopoli, Akuntansi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.