candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH FREKUENSI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DASAR AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK AKUNTANSI I MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Suranto -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari frekuensi belajar dan prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi I. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bermaksud melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa JuruProgram studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS. Sampel berjumlah 40 mahasiswa. Sampel diambil dengan random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi simultan dan uji normalitas, uji linieritas dan uji korelasi dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan perhitungan analisis regresi simultan Y =0,03271 X1 + 0,529 X2 – 0,576 dan untuk mencari koefisien korelasi antar kriterium Y dengan prediktor X1 dan X2 adalah korelasi antara Y dengan X1 sebesar 0,705 dan korelasi antara Y dengan X2 sebesar 0,708, Sumbangan Relatif (SR) untuk X1 = 0,497 dan Sumbangan Relatif untuk X2 =0,501, Sumbangan Efektif (SE) untuk X1 = 0,484 dan untuk X2 = 0,488 serta dari hasil olah data diperoleh nilai Lo sebesar 0,081 > 0,05 yang berarti data tersebar normal. Untuk uji linieritas diperoleh nilai F1 sebesar 1,496 dan Ftabel pada df 1;12 sebesar 4,75 karena F1 > Ftabel maka X1 berarti linier dan nilai F2 sebesar 1,281 dan Ftabel pada df 1;4 sebesar 7,71 karena F2 > Ftabel maka X2 berarti linier.

 

Kata kunci: frekuensi belajar, prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan, prestasi belajar Praktek Akuntansi I.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.