candi borobudur kerajaan di indonesia

APLIKASI ADAPTIVE NEURAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) SEBAGAI MODEL DIAGNOSIS KONSENTRASI JURUSAN PADA SISWA SMA/MA

Desrina Fauziah, Irzani Irzani, Ripai Ripai

Abstract


Abstrak: Setiap kenaikan kelas, untuk siswa kelas XI pada sebagian besar Sekolah Menengah Umum yang ada di NTB diadakan pembagian konsentrasi jurusan dengan tujuan untuk mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan, minat serta bakatnya. Bagi sebagian sekolah menentukan pembagian konsentrasi jurusan bukanlah hal yang sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ada berbagai cara sekolah dalam penentuan konsentrasi jurusan. Sekolah memegang peranan penting untuk dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki siswa. Kemungkinan yang akan terjadi jika siswa mengalami kesalahan dalam penjurusan adalah rendahnya prestasi belajar siswa atau dapat menyebabkan terjadinya kegamangan dalam aktualisasi diri. Tak jarang siswa tidak mengerti alasan pemilihan jurusan tersebut, hendak kemana setelah tamat sekolah dan apa cita-citanya. Dari fenomena tersebut, penelitian ini diajukan untuk meneliti tentang Aplikasi Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS) sebagai Model Diagnosis Konsentrasi Jurusan pada Siswa SMA/MA.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Waterfall yang merupakan sebuah metode pengembangan software yang bersifat sekuensial.Terdapat 5 fase dalam pengembangan ini yaitu, analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, penerapan program dan maintanance. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu berupa Aplikasi ANFIS sebagai model diagnosis konsentrasi jurusan pada siswa.

Tahap validasi dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu ahli Fuzzy Neural Network, ahli Programmer Matlab. Dari uji validasi ahli yang sudah dilaksanakan dihasilkan Aplikasi yang “Sangat Valid” dengan rata-rata 88,5. Tahap terakhir pada fase ini adalah tahap uji efektifitas. Uji efektifitas yaitu uji coba terbatas yang terdiri dari 8 orang siswa dan uji coba terbatas pada siswa kelas XI di beberapa SMA kota Mataram. Pada uji coba terbatas diperoleh informasi bahwa aplikasi dikategorikan “Baik” dengan rata-rata 38,75. Sehingga kesimpulan yang diperoleh bahwa aplikasi yang dihasilkan “Sangat Valid” dan “Baik”.

Kata kunci: ANFIS, Model Diagnosis, Konsentrasi Jurusan Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.