candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROLLER COASTER BERBASIS HOT

Tundung Memolo

Abstract


Abstrak: Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan keterampilan komunikasi matematika, perubahan keterampilan komunikasi matematika peserta didik dengan pembelajaran kooperatif tipe Roller Coaster berbasis HOT siswa kelas VIII A SMPN 2 Kalibawang. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Nilai keterampilan komunikasi matematika pada siklus 1 dan siklus 2 meningkat. Terjadi perubahan keterampilan komunikasi matematika baik pada aspek verbal dan nonverbal. Hasil belajar siklus 1, 15 (60%) siswa tuntas dan 10 (40%) siswa tidak tuntas, pada siklus 2, 20 (80%) siswa tuntas dan 5 (20%) siswa tidak tuntas. Rata – rata kelas 64,0 pada siklus 1 dan 81,0 pada siklus 2.

Kata kunci : Komunikasi, Matematika, Kooperatif, Roller, HOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.