candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MIA 1 SMA MTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sigit Rimbatmojo, Budi Usodo, Rubono Setiawan

Abstract


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan  model pembelajaran TPS dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan semua aspek kemampuan komunikasi matematis siswa, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model TPS dan pendekatan Open-Ended yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA 1 SMA MTA Surakarta dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA MTA Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode tes dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 30% siswa telah mencapai minimal level 3 untuk setiap aspek kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Olivares, dengan pelevelan berpedoman pada rubrik skoring kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Asikin (2003).

Pembelajaran dengan model TPS dan pendekatan Open-Ended yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk memikirkan strategi yang akan digunakan untuk memecahkan masalah pada LKS, berbagi dengan teman mengenai rencana penyelesaian yang dipilih, mendengarkan pendapat teman dan mencatat persamaan maupun perbedaan pendapat, berdiskusi membahas penyelesaian yang terbaik yang paling tepat dan membuat kesimpulan, kemudian mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Berdasarkan pembelajaran tersebut, kemampuan komunikasi matematis siswa pada aspek kemampuan gramatikal  meningkat sebesar 29,17%. Untuk kemampuan sosiolinguistik, meningkat sebesar 37,5%. Pada aspek kemampuan strategis, meningkat sebesar 33,33%, sedangkan pada kemampuan diskusi meningkat sebesar 25%.

Kata Kunci: Think-Pair-Share, Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.