candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY SETTING THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN TOLERANSI

Ezi Apino

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan prestasi dan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta III, DIY dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS, (2) terjadi peningkatan toleransi siswa dalam pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif untuk meningkatkan prestasi dan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: Guided Discovery, Prestasi Belajar, Think Pair Share, Toleransi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.