candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK MENGAJAR MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN PENGETAHUAN MATEMATIKA WAWASAN

Sugilar Sugilar

Abstract


Abstrak: Pada bulan September tahun 2016, UPBJJ-UT Bengkulu menyelenggarakan pelatihan pengetahuan matematika untuk mengajar (mathematical knowledge for teaching) pembagian bilangan pecahan bagi guru SD di Kota Bengkulu. Salah satu topik pada pelatihan tersebut ialah pengetahuan matematika wawasan (horizon mathematical knowledge). Penelitian ini merupakan upaya untuk mempelajari efektivitas pelatihan tersebut terhadap peningkatan kepercayaan diri untuk mengajar matematika (mathematics teaching self-efficacy). Metode yang digunakan adalah percobaan semu (quasi experiment) dengan sampel sebanyak 19 guru yang diambil dari seluruh peserta pelatihan dan rancangan percobaan yang digunakan adalah one group pretest-posttest berupa pengukuran skala penilaian terhadap kepercayaan diri untuk mengajar matematika sebelum dan sesudah pelatihan mengenai pengetahuan matematika wawasan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan terdapat peningkatan self-efficacy mengajar matematika untuk topik pecahan dari rata-rata skor 85,77 menjadi 91,62 atau 7%. Peningkatan tersebut dinyatakan oleh t = 2,428, df=18, p=0.026 yang signifikan pada taraf alpha = 0,05. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat indikasi bahwa pelatihan pengetahuan matematika wawasan untuk mengajar pembagian bilangan pecahan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri guru dalam mengajar pembagian bilangan pecahan di sekolah dasar.

Kata Kunci:  Kepercayaan Diri Untuk Mengajar, Pengetahuan Matematia Untuk Mengajar, Pengetahuan Matematika Wawasan, Pengajaran Matematika di Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.