PROFIL PEMBENTUKAN SKEMA SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG TERKAIT DENGAN OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Abstract
Abstrak: Konsep pecahan dan operasinya merupakan konsep yang sangat penting untuk dikuasai sebagai bekal untuk mempelajari bahan matematika berikutnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa sekolah dasar mengalami kesulitan memahami pecahan dan operasinya, dan banyak guru menyatakan mengalami kesulitan untuk mengajarkan pecahan. Penguasaan berbagai konsep dan kemampuan mengkaitkan antar konsep dalam menyelesaikan suatu masalah dapat membentuk skema siswa. Sebuah skema untuk suatu konsep matematika merupakan kumpulan tindakan, proses, dan objek yang dihubungkan dengan beberapa prinsip untuk membentuk kerangka pikiran individu dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis “Profil Pembentukan Skema Siswa SD dalam Memecahkan Masalah yang Terkait dengan Operasi Penjumlahan Bilangan Pecahan”. Analisis pembentukan skema dilakukan secara kualitatif yang didasarkan pada kerangka kerja teori APOS (Tindakan, Proses, Objek, dan Skema). Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dan sedang pembentukan skemanya tidak mengalami kesulitan yang berarti (dapat bekerja sesuai dengan teori APOS). Namun bagi siswa yang berkemampuan rendah relatif mengalami kesulitan.
Kata kunci: Pembentukan Skema, Operasi Bilangan Pecahan, Teori APOS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.