candi borobudur kerajaan di indonesia

DESAIN PEMBELAJARAN HUBUNGAN SUDUT PUSAT, PANJANG BUSUR, DAN LUAS JURING LINGKARAN MENGGUNAKAN PEMODELAN MARTABAK

Nia Yuni Saputri, Ratu Ilma Indra Putri, Budi Santoso

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring lingkaran dengan pendekatan PMRI menggunakan konteks pemodelan martabak. Metode yang digunakan adalah design research yang melalui tiga tahap, yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C SMPN 15 OKU yang terdiri atas 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh lintasan belajar yang dapat mendukung konsep hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring lingkaran dari informal menuju formal meliputi aktivitas memahami hubungan perbandingan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring, memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring, dan menggunakan memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dalam pemecahan masalah. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa dengan pendekatan PMRI dapat menentukan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring lingkaran dengan cara mengukur dan membuat perbandingan dari sudut pusat, panjang busur dan luas juring dari potongan-potongan pemodelan martabak. Dari serangkaian aktivitas yang telah dilakukan membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring lingkaran.

Kata kunci:  Design Research, PMRI, Konteks Pemodelan Martabak, Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, Luas Juring Lingkaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.