candi borobudur kerajaan di indonesia

KEYAKINAN GURU MATEMATIKA TENTANG PENDEKATAN SAINTIFIK DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI SMK N 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ahmad Abdul Mutholib, Imam Sujadi, Sri Subanti

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui keyakinan guru tentang pendekatan saintifik (PS) dalam pembelajaran matematika (PM), 2) Untuk meneliti bagaimana keyakinan guru dari PS dalam pengajaran matematika apakah sudah tercermin dalam praktik di kelas, 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keyakinan dan praktik dari PS dalam mengajar matematika di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah guru kelas XI sebanyak 2 guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Teknik validasi data dengan triangulasi waktu dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Pada proses pengamatan subjek 1 (S1) lebih memilih menggunakan objek matematika yang bersifat abstrak. Pada kegiatan menanya S1 mengalami kendala, untuk menyelesaikan masalah ini S1 biasanya memancing siswa dengan pernyataan-pernyataan. Pada kegiatan eksperimen, S1 membuatkan pertanyaan yang bersifat memandu. Selanjutnya pada kegiatan mengasosiasi S1 memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing, yang mengarah pada konsep matematika. Pada langkah mengomunikasikan, S1 memilih menggunakan presentasi walaupun presentasi memerlukan waktu yang lama. (2) Pada langkah mengamati subjek 2 (S2) lebih memilih menggunakan pendekatan dari apa yg telah dipelajari siswa, membahas masalah-masalah yang pernah dialami siswa. Untuk membangkitkan kemauan bertanya siswa, S2 membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya pada kegiatan mengasosiasi menurut S2 tugas guru harus menyempurnakan konsep-konsep matematika yang dimiliki siswa. Pada kegiatan mengomunikasikan, S2 meminta siswa untuk memaparkan hasil yang telah diperoleh.

Kata kunci: Keyakinan Guru, Pendekatan Saintifik

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.