candi borobudur kerajaan di indonesia

EKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Triana Harmini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.  Populasi penelitian  ini adalah siswa kelas X MA Darul Huda Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan sampel diambil secara cluster  random sampling, terpilih  dua kelas sampel. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan  metode Team Assisted Individualization dan kelas kontrol dengan  model  pembelajaran Langsung. Pengambilan data dilakukan dengan  metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru, dan metode tes untuk mengetahui  prestasi belajar matematika siswa.. Pada penelitian ini terdapat tiga macam data yang diperoleh, yaitu data kemampuan awal siswa data aktifitas siswa selama mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TAI, dan data prestasi belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan  menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Analisis statistika inferensial yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji normalitas, homogenitas sampel, dan analisis kesamaan dua rata-rata (uji independent samples T Test). Analisis statistika dilakukan pada data kemampuan awal dan data prestasi belajar siswa. Hasil yang akan dihasilkan  dari  penelitian  ini adalah  penerapan  alternatif  pembelajaran yang tidak monoton sehingga  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  matematika siswa dan perangkat  pembelajaran  (silabus dan  RPP)  yang  berorientasi  pada pembelajaran koperatif  tipe  Team Assisted Individualization.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, TAI, Pembelajaran Langsung, Efektivitas

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.