candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

Mohamad Nur Fauzi, Nur Hidayat Damar Jati

Abstract


Abstrak: Kreativitas siswa dalam pembelajaran perlu dikembangkan. Hal ini berkaitan dengan faktor kognitif dan afektif. Faktor kognitif meliputi: keterampilan berpikir lancar, keterampilan berpikir luwes, keterampilan berpikir orisinal, keterampilan elaborasi/ merinci dan keterampilan menilai (mengevaluasi). Adapun faktor afektif dari kreativitas disini adalah ciri-ciri yang berkaitan dengan sikap dan perasaan yang meliputi rasa ingin tahu, bersifat imajinatif, merasa tertantang oleh kemajemukan, sifat mengambil resiko dan sifat menghargai. Kreativitas siswa yang dikembangkan tidak hanya memperhatikan pengembangan kemampuan berpikir kreatif tetapi juga sikap dan kepribadian kreatif. Model pembelajaran SFE dapat digunakan untuk meningkatkan sikap kreativitas siswa. Namun, pada model pembelajaran SFE memiliki kesulitan pada langkah siswa menjelaskan materi kepada siwa lainya. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya suatu metode tertentu yang memudahkan siswa menjelaskan kepada siswa lainya. Mind mapping salah satu alternative yang ditawarkan, karena dengan mind mapping siswa tidak hanya sekedarĀ  menjelaskan bagan atau peta konsep yang sudah ada tetapi siswa berkreasi untuk membuat peta konsep sesuai dengan pengetahuan siswa. Penerapan model pembelajaran SFE yang dimodifikasi dengan mind mapping atau peta konsep pada langkah pembelajaranya dapat melatih sikap kreatifitas siswa.

Kata kunci : SFE, Mind Mapping, Sikap Kreatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.