candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Indra Martha Rusmana, Lasia Agustina

Abstract


Abstrak: Hasil belajar merupakan cermin capaian seorang dalam mempelajari suatu bidang, jika konsep yang diberikan telah diterima dengan baik, maka hasil belajar yang didapatkan akan baik. Konsep matematika dapat diberikan dengan berbagai metode agar materi yang disampaikan mampu dipahami dengan baik, salah satu metode pembelajaran adalah Hypnoteaching. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas dari penggunaan metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap hasil belajar mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan  metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di Universitas Indraprasta PGRI selama 4 (empat) bulan, dengan jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa. Pengujian hipotesis dilakukan  dengan menggunakan software SPSS for windows pada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan utama yaitu  pertama, terdapat pengaruh antara penggunaan metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika karena didapatkan nilai thitung sebesar 2,259 lebih dari ttabel yaitu 2,000 ; kedua, metode Hypnoteaching efektif terhadap hasil belajar mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika karena didapatkan nilai effect size sebesar 0,583.

Kata Kunci:   Metode Pembelajaran Hypnoteaching, Hasil Belajar Evaluasi Pembelajaran Matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.