candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LC7E DAN TSTS PADA MATERI PROGRAM LINIER DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SMK SE-KABUPATEN WONOGIRI

Antinah Antinah, Tri Atmojo Kusmayadi, Budi Usodo

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk membandingkan model pembelajaran terhadap prestasi belajar ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe LC7E dengan TSTS dan langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Kelas XI se-Kabupaten Wonogiri. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas. Uji lanjut analisis variansi digunakan komparasi ganda dengan metode Scheffe. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) prestasi siswa dengan tipe LC7E lebih baik dari prestasi siswa dengan model TSTS dan pembelajaran langsung, prestasi siswa dengan model TSTS lebih baik dari model pembelajaran langsung; 2) prestasi siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik dari siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, prestasi siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang lebih baik dari siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah; 3) pada tiap-tiap kecerdasan interpersonal, siswa yang diberi model LC7E mempunyai prestasi lebih baik dari siswa yang diberi model TSTS dan pembelajaran langsung dan siswa yang diberi model TSTS mempunyai prestasi lebih baik dari siswa yang diberi model pembelajaran langsung; 4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi mempunyai prestasi lebih baik dari siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, dan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal sedang mempunyai prestasi lebih baik dari siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah.

Kata Kunci:  Model Pembelajaran kooperatif tipe LC7E, TSTS, Kecerdasan Interpersonal, Prestasi  Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.