candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN JIGSAW II DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA SMP

Qurrotul ‘Ain, Tri Atmojo Kusmayadi, Budi Usodo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing model pembelajaran, adversity quotient (AQ) dan interaksi antara keduanya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan faktorial 3×3. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Karanganyar tahun 2016/2017 dengan sampel SMPN 1 Tasikmadu, SMPN 2 Kebakkramat, dan SMPN 3 Gondangrejo. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Pengujian hipotesis dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut analisis variansi dengan metide Scheffe’. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan: (1) model pembelajaran Jigsaw II dengan guided discovery learning memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran NHT dengan guided discovery learning dan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran NHT dengan guided discovery learning memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung; (2) Siswa tipe AQ climbers memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa tipe AQ  campers dan quitters. Serta siswa tipe AQ campers memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa tipe AQ quitters; (3) Pada masing-masing tipe AQ, model pembelajaran Jigsaw II dengan guided discovery learning memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran NHT dengan guided discovery learning dan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran NHT dengan guided discovery learning memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung; (4) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa tipe AQ climbers memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa tipe AQ campers dan quitters. Serta siswa tipe AQ campers memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan tipe AQ quitters.

Kata kunci: Jigsaw II, Numbered Heads Together, Guided Discovery Learning, Prestasi belajar, Adversity Quotient.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.