candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MEMPELAJARI PERSAMAAN GARIS LURUS DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA

Sumarsih Sumarsih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesulitan, penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari persamaan garis lurus, dan alternatif pemecahannya. Masalah dalam penelitian ini adalah materi prasyarat kurang dipahami, kemampuan aljabar yang sifatnya abstrak masih kurang, dan kurang  tertib untuk membawa penggaris dan buku berpetak. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan analisis evaluatif terhadap dokumen jawaban dan hasil wawancara dengan subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal tes, dan lembar catatan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa berkaitan dengan menggambar grafik dan menentukan  gradiennya, karena  kesalahan awal menentukan titik-titik yang dilalui garis. Pemecahannya adalah disarankan ditentukan minimal 3 titik, walaupun 2 titik sudah cukup. Titik ketiga sebagai koreksi dua titik lainnya. Siswa kesulitan menentukan gradien,  disebabkan siswa belum mengaitkan soal dengan unsur-unsur diketahui  pada soal, cenderung mengerjakan soal dengan jawaban terstruktur, cara berpikir  masih parsial, dan konsentrasi kurang. Kesulitan menentukan persamaan karena belum memahami unsur-unsur yang perlukan. Pemecahannya adalah dengan membuat peta konsep (mind map) antara persamaan, titik-titik yang dilalui, gradien, grafik, dan kedudukan dua garis, salah satu sebagai pusatnya sehingga dapat mengaitkan unsur satu dengan lainnya. Pusat mind map ditentukan dengan memperhatikan kemampuan siswa. Kesulitan menentukan gradien berdasarkan grafik  maupun dengan rumus, karena sulit menentukan komponen x  dan y yang sesuai. Pemecahannya adalah dengan cara membiasakan menentukan komponen y terlebih dahulu kemudian x. Bagi siswa berprestasi rendah, kesulitan menggambar grafik karena bingung menentukan letak titik pada bidang kartesius, pemecahannya adalah diberikan latihan beberapa titik (x,y) dan (y,x), atau (0,y) dan (x,0) untuk digambar.

Kata kunci: Kesulitan, Persamaan Garis, Pemecahan, Mind Map


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.