MENGEMBANGKAN RASA INGIN TAHU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENEMUAN TERBIMBING SETTING TPS
Abstract
Abstrak: Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 menyebutkan bahwa rasa ingin tahu menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki siswa agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Rasa ingin tahu penting dalam menumbuh kembangkan pengetahuan dan pengalaman siswa, sehingga perlu diciptakan iklim pembelajaran yang dapat menciptakan dan memelihara rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran matematika. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa rasa ingin tahu siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika masih perlu ditingkatkan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran matematika yaitu melalui pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing setting Think Pair Share (TPS). Penemuan terbimbing merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mendorong siswa dalam menemukan prinsip umum, mencari dan memecahkan masalah yang diberikan guru. Pendekatan ini memberikan kesempatan kepada siswa dalam menyelidiki dan menarik kesimpulan dari hal-hal yang sedang dihadapi. Pendekatan penemuan terbimbing akan efektif jika disusun dalam pembelajaran kooperatif TPS. Hal ini dikarenakan TPS mampu membuat siswa mengembangkan ide, konsep dan keterampilan yang telah dimiliki dalam menemukan pengetahuan baru, sehingga ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran. Artikel ini akan membahas mengenai pendekatan penemuan terbimbing setting TPS serta kaitannya dengan pengembangan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Pembelajaran Matematika, Model Penemuan Terbimbing, Think Pair Share
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.