candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KECERDASAN SPASIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nova Riastuti, Fatriya Adamura, Restu Lusiana

Abstract


Abstrak: Matematika membutuhkan kecerdasan spasial untuk membantu siswa menyelesaikan masalah khususnya materi bangun datar dan bangun ruang. Kemampuan siswa menyelesaikan masalah juga dipengaruhi oleh kemampuan kognitif. Siswa berkemampuan kognitif rendah cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada soal matematika. Berdasarkan pada latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan spasial siswa SMP dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran ditinjau dari kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga teknik atau metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Pada penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengambilan subjek adalah purposive sampling. Subjek yang diambil adalah siswa kelas VIIIC SMPN 3 Madiun sebanyak enam siswa dengan tiga kategori yaitu siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang dan rendah. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahap yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kecerdasan spasial sebagai berikut: (1) Subjek dengan kemampuan kognitif tinggi memiliki pengimajinasian (imaging) yang tinggi, pengkonsepan (conceptualization) yang tinggi, pemecahan masalah (problem solving) yang tinggi, dan pencarian pola (problem seeking)  yang tinggi, (2) Subjek dengan kemampuan kognitif sedang memiliki pengimajinasian (imaging) yang beragam, pengkonsepan (conceptualization) yang sedang, pemecahan masalah (problem solving) yang sedang, dan pencarian pola (problem seeking)  yang beragam, dan (3) Subjek dengan kemampuan kognitif rendah memiliki pengimajinasian (imaging) yang beragam, pengkonsepan (conceptualization) yang sedang, pemecahan masalah (problem solving) yang beragam, dan pencarian pola (problem seeking)  yang beragam.

Kata Kunci: Kecerdasan Spasial, Masalah, Kemampuan Kognitif

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.