candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE

Sumarsih Sumarsih

Abstract


Abstrak: Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa masih kesulitan mengaitkan antara unsur yang ditanyakan dengan yang diketahui, kemampuan berpikir abstrak belum berkembang sepenuhnya, dan tidak terbiasa mengkomunikasikan unsur-unsur diketahui pada soal dalam bentuk gambar/sketsa, sehingga berdampak terhadap rendahnya kemampuan penalaran matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan tindakan kelas melalui pembelajaran dengan model picture and picture, gambar menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika  siswa SMP Negeri 1 Masaran. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, dalam dua siklus   dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, serta refleksi untuk setiap siklus. Pengumpulan data dengan metode observasi berupa catatan guru dan lembar pengamatan, foto kegiatan, wawancara, dan tes tertulis. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII H. Daya serap kelas dari kondisi awal 65%  menjadi 72% pada siklus I dan 83% pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal dari 33% menjadi 43% pada siklus I dan 87% pada siklus II, serta adanya perubahan perilaku siswa dalam mengerjakan soal, seperti: siswa dapat menggambar sketsa dengan benar, dapat menggunakan gambar untuk mendapatkan fakta dan sifat dengan benar, dapat memberikan alasan dengan benar, dapat membuat kesimpulan logis, melatih ketelitian, lebih bertanggung jawab, dan lebih perhatian di kelas.

Kata kunci: Kemampuan, Penalaran, Model Pembelajaran, Gambar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.