candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI SE-KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Ahmad Junaedi, Budiyono Budiyono, Isnandar Slamet

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing model pembelajaran, kecerdasan emosional dan interaksi antara keduanya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kota Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Surakarta, SMPN 16 Surakarta, dan SMPN 20 Surakarta yang diambil secara stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan instrumen angket kecerdasan emosional siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran TGT menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baik dengan model pembelajaran TAI, model pembelajaran TGT menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran langsung serta model pembelajaran TAI menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran langsung pada materi bentuk aljabar. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kecerdasan emosional sedang dan rendah. Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kecerdasan emosional sedang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah pada materi bentuk aljabar. (3) Pada masing-masing kategori kecerdasan emosional, model TGT menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada TAI dan pembelajaran langsung serta TAI dan pembelajaran langsung menghasilkan prestasi belajar yang sama baik pada materi bentuk aljabar. (4) Pada masing-masing model pembelajaran, prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi lebih baik daripada sedang dan rendah serta siswa yang mempunyai kecerdasan emosional sedang dan rendah menghasilkan prestasi belajar yang sama baik pada materi bentuk aljabar.

Kata kunci: TGT, TAI, Model Pembelajaran Langsung, Kecerdasan Emosional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.