candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTU KARTU MASALAH DAN THINK PAIR SHARE BERBANTU KARTU MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

Putri Permata Sari, Soeyono Soeyono, Yemi Kuswardi

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing model pembelajaran, kemampuan awal, dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi perbandingan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan menggunakan rancangan faktorial 3×3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta yang terdiri dari 6 kelas dengan banyak siswa 159. Sampel dalam penelitian ini  adalah 112 siswa, yang diambil dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 14 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data kemampuan awal siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi perbandingan. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, daya beda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett dengan statistik uji Chi Kuadrat. Uji kesetimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) TTW Berbantu Kartu Masalah memberikan prestasi belajar sama baiknya dengan TPS Berbantu Kartu Masalah sedangkan TPS Berbantu Kartu Masalah memberikan prestasi belajar sama baiknya dengan model pembelajaran konvensional. (2) Siswa kemampuan awal tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa kemampuan awal sedang dan rendah, sedangkan siswa kemampuan awal  sedang mempunyai  prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan kemampuan awal rendah. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal  matematika terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci: TTW, TPS, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.