candi borobudur kerajaan di indonesia

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK BERGAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT

Hikmah Maghfiratun Nisa’, Cholis Sa’dijah, Abd Qohar

Abstract


 

Abstrak: Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki setiap siswa dalam pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMK bergaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instumen pendukung yaitu tes Group Embedded figure Test (GEFT), tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara yang digunakan untuk mengumpulkan data. Subjek dalam penelitian adalah satu siswa kelas X SMK yang bergaya kognitif field dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap memahami masalah subjek dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan benar. Subjek juga dapat menyusun rencana menggunakan metode eliminasi dalam tahap menyusun rencana penyelesaian. Dalam tahap melaksanakan rencana subjek dapat menuliskan penyelesaian masalah dari soal secara sistematis dan benar sesuai dengan strategi yang direncanakan. Dalam tahap memeriksa kembali hasil yang diperoleh, subjek tidak memeriksa kembali hasil yang diperoleh akan tetapi subjek dapat menuliskan kesimpulan dari jawaban dengan benar.

Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematika,  Field Dependent


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.