candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN RT PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KABUPATEN SRAGEN

Atikha Nur Khoidah, Budiyono Budiyono, Riyadi Riyadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3 yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing model pembelajaran, gaya belajar matematika dan interaksi antara keduanya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-kabupaten Sragen tahun pelajaran 2016/2017. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) prestasi siswa yang dikenai model pembelajaran AIR lebih baik dari siswa yang dikenai model pembelajaran RT dan model pembelajaran Langsung. Prestasi siswa yang dikenai model pembelajaran RT lebih baik dari siswa yang dikenai model pembelajaran Langsung. (2) prestasi siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dari siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik. Prestasi siswa dengan gaya belajar auditorial lebih baik dari siswa dengan gaya belajar kinestetik. (3) pada gaya belajar visual, model RT mengahasilkan prestasi belajar yang sama dengan model pembelajaran AIR dan langsung, model pembelajaran AIR menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung. Pada gaya belajar auditorial, model RT mengahasilkan prestasi belajar yang sama dengan model pembelajaran AIR dan langsung, model pembelajaran AIR menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung. Pada gaya belajar kinestetik, model AIR dan RT menghasilkan prestasi belajar yang sama dengan pembelajaran langsung. (4) pada model pembelajaran langsung, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik memiliki prestasi belajar yang sama baiknya. Pada model RT, prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik sama baiknya. Pada model AIR, prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik sama baiknya.

Kata kunci: AIR, RT, Gaya Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.