candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TS-TS DAN TSI PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN KARANGANYAR

Ervina Yulias Veva, Budiyono Budiyono, Riyadi Riyadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3 yang bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing model pembelajaran, kecerdasan logis matematis, dan interaksi keduanya terhadap prestasi belajar matematika. Instrumen yang digunakan tes prestasi belajar dan tes kecerdasan logis matematis. Teknik analisis data dengan ANAVA dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian diperoleh: 1) TS-TS sama efektifnya dengan TSI terhadap prestasi belajar, TS-TS dan TSI lebih baik daripada langsung. 2) Prestasi belajar siswa kecerdasan logis matematis tinggi lebih baik daripada siswa kecerdasan logis matematis sedang dan rendah, siswa kecerdasan logis matematis sedang lebih baik daripada siswa kecerdasan logis matematis rendah. 3) Kecerdasan logis matematis tinggi, TS-TS dan TSI memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar, TS-TS dan TSI lebih baik daripada langsung. Kecerdasan logis matematis sedang, TS-TS, TSI, dan langsung memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar. Kecerdasan logis matematis rendah, TS-TS, TSI, dan langsung memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar. 4) Pada TS-TS, prestasi belajar siswa kecerdasan logis matematis tinggi lebih baik daripada siswa kecerdasan logis matematis rendah. Siswa kecerdasan logis matematis tinggi dan sedang mendapatkan prestasi yang sama, serta siswa kecerdasan logis matematis sedang dan rendah mendapatkan prestasi yang sama. Pada TSI, prestasi belajar siswa kecerdasan logis matematis tinggi lebih baik daripada siswa kecerdasan logis matematis rendah. Siswa kecerdasan logis matematis tinggi dan sedang mendapatkan prestasi yang sama, serta siswa kecerdasan logis matematis sedang dan rendah mendapatkan prestasi yang sama. Pada pembelajaran langsung, prestasi belajar siswa kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah mendapatkan prestasi yang sama.

Kata Kunci: TS-TS, TSI, Langsung, Kecerdasan Logis Matematis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.