candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN NHT PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA SMP SE-SURAKARTA

Lina Utami, Budiyono Budiyono, Riyadi Riyadi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW), Numbered Heads Together (NHT), atau pembelajaran Langsung. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian artisan, guardian, idealis atau rasional. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian artisan, idealis, guardian atau rasional. (4) Pada masing-masing tipe kepribadian manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik siswa yang dikenai model pembelajaran TTW, NHT atau Langsung pada materi Relasi dan Fungsi siswa kelas VIII SMP se- Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP se-Surakarta.Penelitian ini merupakan quasi-eksperimental research dengan desain faktorial 3x4. Teknik pengambilan sampel dengan stratified cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan efek yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TTW, NHT dan Langsung terhadap prestasi belajar matematika. (2) Ada perbedaan efek yang signifikan antara tipe kepribadian terhadap prestasi belaja matematika. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, tidak ada perbedaan efek yang signifikan, siswa dengan tipe kepribadian artisan, idealis, guardian atau rasional terhadap prestasi belajar matematika.(4) Pada masing-masing tipe kepribadian tidak ada perbedaan efek yang signifikan, siswa yang dikenai model pembelajaran TTW, NHT atau Langsung terhadap terhadap prestasi belajar matematika.

Kata Kunci: TTW, NHT, Tipe Kepribadian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.