candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN RECIPROCAL PEER TUTORING PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMPN SE-KABUPATEN SUKOHARJO

Ahmad Mursyid, Budiyono Budiyono, Riyadi Riyadi

Abstract


Abstrak: Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar yang lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran RPT, TPS atau langsung, (2) prestasi belajar yang lebih baik antara siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, atau rendah, (3) Pada masing-masing tingkat kecerdasan interpersonal, manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran dengan model RPT, TPS atau pembelajaran langsung, (4) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Mojolaban, siswa SMPN 2 Grogol, dan siswa SMPN 2 Polokarto yang diambil secara stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan instrumen angket kecerdasan interpersonal siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisisa disimpulkan (1) model pembelajaran RPT menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model pembelajaran TPS, sedangkan model pembelajaran RPT dan TPS menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, (2) prestasi belajar siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik daibandingkan prestasi belajar siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, dan prestasi belajar  siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal sedang sama baiknya dengan prestasi belajar siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal rendah, (3) Pada siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, dan rendah, model pembelajaraan RPT dan TPS menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya, akan tetapi model pembelajaran RPT dan TPS menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, (4) Pada pembelajaran RPT, TPS, dan langsung prestasi belajar siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, akan tetapi siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama baiknaya.

Kata kunci: RPT, TPS, Model Pembelajaran, Kecerdasan Interpersonal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.