candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK BOYOLALI

Sayekti Dwiningrum, Mardiyana Mardiyana, Ikrar Pramudya

Abstract


Abstrak: Kemampuan bernalar sangat dibutuhkan siswa untuk memahami materi atau konsep matematika. Namun pada kenyataannya siswa cenderung pasif dalam bernalar sehingga kepribadian siswa juga perlu diperhatikan oleh guru. Perbedaan kepribadian dimungkinkan berpengaruh pada kemampuan penalaran matematis siswa sehingga peneliti tertarik untuk meneliti kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan tipe kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 8 orang. Kemampuan penalaran matematis digali melalui wawancara yang berpandu pada hasil tes kemampuan penalaran kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa bertipe kepribadian guardian adalah mampu menyajikan penyataan matematika dalam bentuk grafik, mampu menentukan pola/hubungan secara parsial, dan mampu melakukan manipulasi matematika secara parsial. Disisi lain, siswa guardian tidak mampu mengajukan dan menguji dugaan/konjektur,  tidak mampu memberikan alasan terhadap beberapa solusi, tidak mampu memeriksa kesahihan terhadap pernyataan matematika, dan tidak mampu menarik simpulan dengan tepat. Kemampuan penalaran matematis siswa bertipe kepribadian idealist adalah mampu menentukan pola/hubungan secara parsial, mampu melakukan manipulasi matematika secara parsial, dan mampu memeriksa kesahihan pernyataan matematika secara parsial. Siswa idealist tidak mampu menyajikan pernyataan matematika dalam bentuk lisan, tulisan, gambar, grafik, atau sketsa, tidak mampu mengajukan dan menguji dugaan/konjektur, tidak mampu memberikan alasan terhadap beberapa solusi, dan tidak mampu menarik simpulan dengan tepat. Kemampuan penalaran matematis siswa bertipe kepribadian artisan dan rational adalah mampu menyajikan pernyataan matematika dalam bentuk grafik dengan baik, mampu mengajukan dugaan/konjektur tetapi tidak mampu melakukan pengujian dengan benar, mampu menentukan pola/hubungan secara parsial, mampu melakukan manipulasi matematika dengan baik dan benar, mampu memberikan alasan secara parsial, mampu memeriksa kesahihan terhadap pernyataan. Disisi lain, siswa artisan dan rational tidak mampu menarik simpulan dengan tepat.

Kata Kunci:  Kemampuan Penalaran Matematis, Tipe Kepribadian, Persamaan Garis Lurus.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.