candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KESALAHAN BUKU TEKS MATEMATIKA SMP/MTS KELAS VII BERDASARKAN OBJEK KAJIAN MATEMATIKA

Diana Purwita Sari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui apa saja kesalahan yang
ada dalam buku teks matematika SMP/MTs kelas VII “Matematika: Konsep dan
Aplikasinya oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni”; 2) Memberikan alternatif
perbaikan kesalahan yang ada pada buku teks tersebut. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian
dilakukan dengan cara memberi gambaran tentang keseluruhan isi buku. Metode
pengumpulan data menggunakan analisis isi (content analysis). Proses analisis
dalam penelitian ini, yaitu membaca dan menganalisis buku yang menjadi
sumber data untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan penyajian objek kajian
matematika pada buku tersebut. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut 1)
Dalam proses analisis buku ditemukan tiga dari empat tipe kesalahan objek
kajian matematika, yaitu: kesalahan yang berkaitan dengan fakta, operasi, dan
konsep, sedangkan kesalahan yang berkaitan dengan prinsip tidak ditemukan. 2)
Alternatif perbaikan untuk kesalahan pada buku tersebut, yaitu: penggunaan
istilah matematika sesuai fakta, penyajian soal sesuai informasi awal, proses
komputasi dan proses pengerjaan matematika yang bermakna, pendefinisian
konsep yang utuh, pemantapan konsep yang tepat, penyajian soal latihan sesuai
dengan konsep, serta kelengkapan memberikan syarat pada semesta
pembicaraan.
Kata kunci: Analisis, Buku, Kesalahan, Matematika, Objek Kajian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.