EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu yang bertujuan
untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Solving
terhadap keterampilan berpikir kritis matematis mahasiswa pendidikan matematika
FKIP UM Purworejo. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Semester IV yang
terdiri dari 6 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random
Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen
penelitian mengggunakan tes pilihan ganda, data dokumen, angket, observasi, dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan uji prasyarat uji
normalitas dan uji homogenitas variansi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
keterampilan berpikir kritis matematis mahasiswa yang dikenai pembelajaran
problem solving lebih baik daripada keterampilan berpikir kritis matematis
mahasiswa yang dikenai pembelajaran tradisional.
Kata kunci: Berpikir kritis, Problem Solving
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.