candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN TSTS PMR MATERI RELASI FUNGSI DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SEKABUPATEN KLATEN

Ervin Tamta Lirnawati, Mardiyana Mardiyana, Dewi Retno Sari Saputro

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi
experimental research) desain faktorial 3 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Klaten yang menggunakan KTSP Tahun
Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified
cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan
dokumentasi, test prestasi belajar matematika dan angket kreativitas belajar. Teknik
analisis data dilakukan menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak
sama. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) TTW- PMR
mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya dengan TSTS-PMR. TTW-PMR dan
TSTS-PMR mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dari pembelajaran langsung.
(2) Siswa dengan kreativitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang sama
dari siswa kreativitas belajar sedang. Siswa kreativitas belajar tinggi dan sedang
mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dari siswa kreativitas belajar rendah.(3)
Pada masing-masing siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi, sedang dan
rendah model pembelajaran TTW-PMR mempunyai prestasi sama baiknya dengan
TSTS-PMR dan TTW-PMR mempunyai prestasi belajar yang lebih baik
dibandingkan pembelajaran langsung, serta model pembelajaran TSTS-PMR
mempunyai prestasi lebih baik dibandingkan pembelajaran langsung.(4) Pada
masing-masing model pembelajaran, siswa yang mempunyai kreativitas belajar
tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa
yang memiliki kreativitas sedang dan siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi
mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai
kreativitas belajar rendah serta siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang
mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai
kreativitas belajar rendah pada materi relasi dan fungsi.
Kata kunci: Think Talk Write, Two Stay Two Stray, Pendidikan Matematika
Realistik, Kreativitas, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.