EKSPERIMENTASI GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING MELALUI PEER-ASSESSMENT PADA RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI KEPERCAYA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masingmasing model pembelajaran, kepercayaan diri dan interaksi antara keduanya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan faktorial 3×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan : (1) model pembelajaran GI dengan AfL melalui peer-assessment (GI-AfL-peer-assessment) menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran TPS dengan AfL melalui peer-assessment (TPS-AfL-peer-assessment) dan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran TPS-AfL-peer-assessment menghasilkan prestasi belajar matematika sama baiknya dengan model pembelajaran langsung; (2) siswa dengan kepercayaan diri tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kepercayaan diri sedang dan rendah, serta siswa dengan kepercayaan diri sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar mateamatika sama baik; (3) Pada masing-masing kepercayaan diri, model pembelajaran GI-AfL-peerassessment menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran TPS-AfL-peer-assessment dan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran TPS-AfL-peer-assessment menghasilkan prestasi belajar matematika sama baiknya dengan model pembelajaran langsung; (4) Pada masingmasing
model pembelajaran, siswa dengan kepercayaan diri tinggi mempunyai
prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kepercayaan diri
sedang dan rendah, serta siswa dengan kepercayaan diri sedang dan rendah
mempunyai prestasi belajar mateamatika sama baik.
Kata Kunci: Group Investigation (GI), Think Pair Share (TPS), Assessment For
Learning (AfL), Peer-Assessment, Prestasi Belajar Matematika,
Kepercayaan Diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.