candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSPERIMENTASI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN THINK PAIR SHARE DENGAN GUIDED NOTE TAKING PADA RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA

Rizky Anggar Kusuma Wardani, Mardiyana Mardiyana, Dewi Retno Sari Saputro

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masingmasing

model pembelajaran, adversity quotient (AQ) dan interaksi antara keduanya
terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran
2016/2017 yang menggunakan kurikulum KTSP. Sampel penelitian ini diperoleh
dengan cara Stratified Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan angket
adversity quotient (AQ) dan tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data
menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan dilanjutkan uji
komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan hasil
penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran TAI-GNT
menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model
pembelajaran TPS-GNT dan model pembelajaran langsung-GNT, sedangkan model
pembelajaran TPS-GNT dan model pembelajaran langsung-GNT menghasilkan
prestasi belajar matematika yang sama, (2) siswa AQ Climber menghasilkan prestasi
belajar yang lebih baik daripada siswa AQ Camper dan Quitter, sedangkan siswa
AQ Camper menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada
siswa AQ Quitter, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa AQ Climber
mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa AQ Camper
dan Quitter, sedangkan siswa AQ Camper mempunyai prestasi belajar matematika
yang lebih baik daripada siswa AQ Quitter, (4) pada masing-masing kategori AQ,
model pembelajaran TAI-GNT menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih
baik daripada model pembelajaran TPS-GNT dan langsung-GNT, sedangkan model
pembelajaran TPS-GNT dan model pembelajaran langsung-GNT menghasilkan
prestasi belajar matematika yang sama.
Kata kunci: TAI, TPS, Guided Note Taking, Adversity Quotient, Prestasi
Belajar Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.