candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH ANTARA PRAKARYA, KEWIRAUSAHAAN, DAN PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP SOFT SKILLS PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 01 KARANGANYAR TAHUN 2015/2016

Giyanto - -, Trisno Martono - -, Harini - -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan prakarya dengan kewirausahaan, pengaruh langsung terhadap proses pembelajaran, dan soft skills (2) hubungan kewirausahaan dengan prakarya, pengaruh langsung terhadap proses pembelajaran, dan soft skills (3) pengaruh secara langsung proses pembela-jaran terhadap soft skills (4) pengaruh secara tidak langsung prakarya dan kewirau-sahaan terhadap soft skills. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode deskriptif dengan studi korelasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar. Teknik sampling adalah simple random. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data adalah analisis jalur dengan path analisis.

Hasil penelitian (1) prakarya berhubungan dengan kewirausahaan 54%, berpengaruh secara langsung terhadap proses pembelajaran 17%, dan terhadap soft skills 34% (2) kewirausahaan berhubungan dengan prakarya 54%, berpengaruh secara langsung terhadap proses pembelajaran 19%, dan terhadap soft skills 10% (3) proses pembelajaran berpengaruh secara langsung terhadap soft skills 3% (4) prakarya berpengaruh secara tidak langsung terhadap soft skills 1% dan kewirau-sahaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap soft skills 1%. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik maupun pendidik harus mampu untuk melaksanakan learning to do bukan hanya learning to know melalui kegiatan praktek langsung.

 

The purpose of this study were (1) the effect of directly craft towards entrepreneurship, learning, and soft skills (2) the effect of direct entrepreneurship towards craft, learning, and soft skills (3) the effect of directly learning towards soft skills (4) the effect of indirectly craft and entrepreneurship towards soft skills. This research is quantitative descriptive method with correlation studies. Population and sample in this study were students of class X, XI, and XII Marketing Vocational high school 1 Karanganyar. Technique is simple random sampling. Data collection techniques used questionnaires and data analysis technique used path analysis.

The results (1) A craft directly affect entrepreneurship 54%, on learning of 17%, and the soft skills of 34% (2) entrepreneurial directly affect the craft of 54%, on learning of 19%, and the soft skills of 10% (3) the learning process directly affects the soft skills of 3% (4) craft indirect effect on the soft skills of 1% and entrepreneurial indirect effect on the soft skills of 1%. Based on the findings, researchers recommend to learners and educators to be willing and able to learn by doing rather than just learning to know through direct practice.


Keywords


prakarya, kewirausahaan, proses pembelajaran, soft skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.