candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI EKONOMI KELAS X MIA 1 SMA N 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Trima Rahayu - -, Soetarno Joyoatmojo - -, Sri Wahyuni - -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Quantum Learning dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada mata pelajaran ekonomi Kelas X Matematikan dan Sains 1 SMA N 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Matematika dan Sains 1 SMA N 5 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi di kelas X Matematika dan Sains I SMA N 5 Surakarta.  Presentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan 48,56% dari 37,14% pada pra siklus, 74,30% pada siklus I, dan 85,70% pada siklus II. Selain itu nilai rata-rata juga mengalami peningkatan 14,9 %, dari 65,51 pada pra siklus, 76,1 pada siklus I dan 80,41 pada siklus II. Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah model Quantum Learning dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan asil belajar ekonomi pada siswa kelas X Matematika dan Sains I SMA N 5 Surakarta.

The research aims to improve students’ economic learning outcomes through Quantum Learning model by using Mind Mapping method of X MIA 1 in SMA N 5 Surakarta. This research used classroom action research method. There were 2 cycles in this research which each cycle consisted of planning, implementation, observation and refelction. The subject of the research was X MIA 1 students in SMA N 5 Surakarta which consists of 35 students. Data were collected by observation, interview, test and documentation. These data were analyzed with descriptive comparative technique and critical analysis.

The result of this research showed that the implementation of Quantum learning model with Mind Mapping method can improve students’ economic learning outcomes of X MIA 1 in SMA N 5 Surakarta. The percentage of students’ passing the test was increasing to 48,56% from 37,14% in pre-cycle, 74,30 % in cycle 1 and 85,70 % in cycle 2. Moreover, the mean score of the test is also increasing to 14,9 %, from 65,51 % in pre-cycle, 78,1 % in cycle 1, and  80,41 % in cycle 2. The conclusion based on the research is that Quantum Learning model with Mind Mapping method can improve students’ economic learning outcomes of  X MIA 1 in SMA N 5 Surakarta.

 


Keywords


Quantum Learning, Peta Pikiran, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.