candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KESULITAN–KESULITAN YANG DIALAMI GURU EKONOMI UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Mayang Risqi Putriani - -, Sri Wahyuni - -, Leny Noviani - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penyebab sebagian besar guru ekonomi belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK); (2) upaya pihak sekolah untuk mendorong dan mengatasi kesulitan melakukan PTK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terencana tidak terstruktur dan dokumentasi dengan teknik analisis data interaktif model Miles & Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, penyebab utama sebagian besar guru ekonomi belum melakukan PTK dikarenakan belum termotivasi untuk melakukan PTK sedangkan penyebab pendukungnya adalah: (a) mengalami kesulitan teknis; (b) adanya persepsi diri sibuk, PTK menjadi beban guru, membutuhkan waktu lama dan anggaran dana cukup besar; (c) pelatihan PTK yang belum optimal; (d) kurangnya budaya membaca terkait buku PTK; (e) kurangnya pengalaman penelitian; (f) pengaruh usia dalam tindakan penelitian. Usia tersebut tidak berpengaruh sepenuhnya, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi guru melakukan PTK yaitu pengalaman, motivasi dan sikap guru dalam menyikapi peraturan yang berlaku. Kedua, upaya pihak sekolah untuk mendorong guru melakukan PTK adalah memberikan sosialisasi, menginformasikan, mengingatkan serta menggerakkan guru terutama pada saat rapat dinas yang diadakan sekolah sedangkan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi kesulitan adalah dengan menyediakan akses internet dan referensi buku PTK.

 

This research was aimed to know (1) the reasons majority of economic teachers have not conduct Classroom Action Research (CAR), (2) the school’s efforts to encourage and overcome difficulties in conducting CAR. This research was a qualitative research which used case study methodology the techniques of collecting data were used unstructured planning interview and documentation with the techniques of data analysis used analysis interactive Miles and Huberman. The result of this research was following: First, the main reason was that they were not motivated yet while the supporting reasons were following: (a) facing technical difficulties; (b) teachers’ perceptions such as busy and CAR was burden teachers, time and financial consuming; (c) training of CAR wasn’t optimal, (d) lack of reading habit about books of CAR; (e) lack of experiences in research; (f) influence of teachers’ age. Although the age wasn’t fully influenced, there were other factors that influenced teachers in conducting CAR such as their experiences, motivation and manner toward rule. Second, the school’s efforts to encourage teacher in conducting CAR were by giving socialism, information and reminding importance CAR mainly when the meeting was held of school whereas the school’s efforts to overcome the teachers’ difficulties were by providing internet access and reference books of CAR.


Keywords


Kesulitan PTK, Penyebab Kesulitan, Upaya Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.