candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

Eka Prasetyanta - -, Sunarto - -, Leny Noviani - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas X.IIS.3 SMA Negeri 1 Karanganom melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yaitu siswa kelas X.IIS.3 SMA Negeri 1 Karanganom tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) observasi, (b) tes, (c) wawancara, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2x45 menit. Simpulan penelitian ini adalah: (1) keaktifan belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa keaktifan siswa yang diamati melalui kegiatan lisan meningkat sebesar 11,54% yang mulanya 73.03% menjadi 84,61%, kegiatan mendengarkan meningkat sebesar 9,63% pada mulanya 80,76% menjadi 94,23%, kegiatan menulis meningkat sebesar 13,47% pada mulanya 80,76% menjadi 94,23%, kegiatan mental meningkat sebesar 17,28% pada mulanya 69,23% menjadi 84,61%, kegiatan emosi meningkat sebesar 19,31% pada mulanya 78,84% menjadi 96,15%. (2) hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan sebesar 5,38 % yaitu dari 77,69 % menjadi 83,07 % siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar minimal dari siklus I ke siklus II.

 

 

The aim of this research is to know the effort of implementation cooperative learning Student Teams Achievement Divisions (STAD) to improve economic learning activity at second grade students of SMA Negeri 1 Karanganom In Academic Year 2014/2015. The research model is Classrom Action Research. The researcher took the class of X.IIS.3 SMA Negeri 1 Karanganom in academic years of 2014/2015 as the subject for this research, whih consist of 26 students. The technique for collecting the data was: (a) observasion, (b) test, (c) interview, and (d) documentations. The procedure pf the research was: (a) planning, (b) planning, (c) observation, and (d) reflection. The research was conducted by two cycles, where each cycle carried out in three meeting, each meeting was conducted in 2x45 minutes. The conclusion of this study were: (1) learning activity has increased from 1st cycle to 2nd cycle. It can be revealed that Oral Activites has increased 11,54% from 73,07% initially to 84,61%, Listening Activities has increased 9,63% from 80,76 % initially to 90,38%, Writing Activities has increased 13,47% from 80,76% initially to 94,23%, Mental Activities has increased 17,28% from 69,23% initially to 84,61%, Emotional Activities has increased 19,31% from 78,84% initially to 96,15%. (2) from the result as learning score has increased 5,38% from 77,69% to 83,07% in 1st cycle to 2nd cycle.


Keywords


model pembelajaran kooperatif, STAD, keaktifan siswa, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.