candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PROGAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP UNS ANGKATAN 2011

Rizki Putri Ariani - -, Trisno Martono - -, Mintasih Indriayu - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Progam Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ilmu Sosial FKIP UNS angkatan 2011. Kegiatan PPL dapat diartikan sebagai program pelatihan bagi mahasiswa untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka menyiapkan pembentukan guru yang profesional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa  Progam Studi Pendidikan IPS FKIP UNS angkatan 2011 yang sudah mengikuti PPL sejumlah 414 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Progam Pengalaman Lapangan (X) terhadap kesiapan menjadi guru (Y) pada mahasiswa Progam Studi Pendidikan IPS FKIP UNS angkatan 2011.

 

This research aims to determine whether there is influence of Teaching Practice Progam (TPP) toward the readiness to become teacher in college students of Social Science Education Study Program of FKIP UNS generation 2011. TPP activity can be interpreted as a training program for students to apply a range of knowledge, attitudes, and skills in order to prepare the establishment of a professional teacher. This research is descriptive quantitative research with survey method.The population in this research is students’ college of Social Science Education Study Program of FKIP UNS generation 2011 that have followed PPL number of 414 students. The sample in this research amounted to 81 students were taken by using Proportional Random Sampling technique. The instrument was used a questionnaire and documentation. Data analysis techniques were used to test the hypothesis is the analysis of simple regression analysis. The results of research showed there was a positive and significant effect of Teaching Practice Progam (TPP) (X) on the readiness become a teacher (Y) in the students’ college of Social Science Education Study Program of FKIP UNS.


Keywords


Progam Pengalaman Lapangan, Kesiapan Menjadi Guru, Guru Profesional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.