candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Rosiana Rahmawati - -, Trisno Martono - -, Mintasih Indriayu - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, (2) ada tidaknya pengaruh variabel lingkungan keluarga secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta, (3) ada tidaknya pengaruh variabel motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, (2) terdapat pengaruh yang signifikan variabel lingkungan keluarga secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta, (3) terdapat pengaruh yang signifikan variabel motivasi belajar secara parsial antara terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta, (4) Koefisien determinasi sebesar 45,5%. Hal ini menunjukkan bahwa 45,5% hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan motivasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 54,5%  dipengaruhi oleh faktor lain selain yang diteliti dalam penelitian ini.

 

The purpose of this research were to determine: (1) whether there is effect of family environment variables and learning motivation variables simultaneously towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (2) whether there is effect of family environment variables partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (3) whether there is effect of learning motivation variable partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta. The type of this research is desciptive quantitative with survey method. The sampling techniques used in this research was Proportionate Random Sampling.

Based on research results can be concluded that: (1) there is significant effect of family environment variables and learning motivation variables simultaneously towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (2) there is significant effect of environment family variables partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (3) there is significant effect of learning motivation variable partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta academic year 2014/ 2015, (4) the coefficient of determination of 45.5%. It means that 45.5% of student learning achievement on economic lesson were influenced by family environment and learning motivation, while the remaining 54.5% influenced by other factors that not examined in this study.


Keywords


Lingkungan keluarga, motivasi belajar, hasil belajar mata pelajaran ekonomi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.