candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Danu Qurnia Styaji, Sunarto ., Muhammad Sabandi

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  aktivitas dan  hasil  belajar  siswa di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015  melalui  penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan pendekatan Saintifik Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, (d) refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Aktivitas siswa untuk aspek visual activities mengalami peningkatan yaitu 52,95% pada pratindakan, 73,53% pada siklus I dan mencapai 88,24% pada siklus II. Untuk aspek  oral activities yaitu 44,11% pada pratindakan, 79,41% pada siklus I dan mencapai 85,29%  pada siklus II. Selanjutnya untuk aspek listening activities yaitu 41,17% pada pratindakan, 67,65% pada siklus I dan mencapai 79,41% pada siklus II. Kemudian untuk aspek writing activities  yaitu 58,83%  pada pratindakan, 83,35% pada siklus I dan mencapai 91,18% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar juga dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan pendekatan Saintifik. Sebelum penerapan model pembelajaran model pembelajaran Numbered Heads Together dengan pendekatan Saintifik nilai rata- rata kelas 74,17 (persentase ketuntasan 55,88%). Pada siklus I mengalami


peningkatan rata- rata kelas menjadi 77,35 (presentase ketuntasan 76,47%) Kemudian pada siklus II rata- rata kelas mengalami peningkatan menjadi 83,11 (presentase ketutasan 88,24%).


Keywords


Numbered Heads Together, aktivitas belajar siswa, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.