candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SMK NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Maulida Niswatul Munawaroh, Trisno Martono, Aniek Hindrayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh variabel tingkat pendapatan orang tua dan ketersediaan sarana belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. (2) Ada tidaknya pengaruh variabel tingkat pendapatan orang tua secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. (3) Ada tidaknya pengaruh variabel ketersediaan sarana belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif jenis korelasi sebab akibat dengan sampel populasi sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel tingkat pendapatan orang tua dan ketersediaan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran  pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 59,290 yang lebih besar dari Ftabel = 3,093. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan nilai thitung =3,008 yang lebih besar dari ttabel = 1,985. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel ketersediaan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan thitung =6,670 yang lebih besar dari ttabel = 1,985.


Keywords


Tingkat Pendapatan Orang Tua, Sarana Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.