candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013-2016 UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Aditiya Riyadi Saputro - -, Mintasih Indriayu - -, Salman Alfarisy Totalia - -

Abstract


This study aims to examine: (1) the influence of learning motivation, learning environment, and learning facilities toward the students achievement; (2) the influence of learning motivation toward the students achievement; (3) the influence of learning environments toward the students achievement; and (4) the influence of learning facilities toward the students achievement. This research used quantitative research using descriptive method. The population are students of the academic years 2013-2016 of economic education of UNS Surakarta. The data collection techniques used was questionnaire. The data validity was obtained through tryout result from 30 respondents. The data analysis technique was used multiple linear regression analysis. The results show that: first, there is a positive and significant both Organizational Activity and Learning Achievement toward the work readiness of economic education FKIP UNS (Fcount 84,498 > Ftabel 3,07) for 57,7%. Second, there is positive and significant influence of Organizational Activity toward the work readiness of economic education students FKIP UNS (tcount 11,120 > ttabel 1,65723) for 49,98%. Third, there is positive and significant Learning Achievement toward the work readiness of economic education students FKIP UNS (tcount5,529 > ttabel 1,65723) for 18,23%.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa; (2) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa; (3) pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa; dan (4) pengaruh prestasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angakatan 2013-2016 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner. Validitas data diperoleh melalui hasil tryout dari 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan berorganisasi dan prestasi secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS (Fhitung 84,498 > Ftabel 3,07) sebesar 57,7%. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan organisasi terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS (thitung 11,120 > ttabel 1,65723) sebesar 49,98%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS (thitung 5,529 > ttabel 1,65723) sebesar 18,23%


Keywords


keaktifan berorganisasi, prestasi belajar, kesiapan kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.