candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Rustam Abdillah - -, Soetarno Joyoatmojo - -, Leny Noviani - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo melalui pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dalam sembilan kali pertemuan, setiap pertemuan 2 x 45 menit, dan setiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, analisis kualitatif, analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan blog terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil nilai belajar siswa pada siklus I dengan presentase ketuntasan hasil nilai belajar sebesar 87,87% dan nilai rata-rata kelas sebesar 83,83, sehingga terjadi peningkatan pada nilai rata-rata kelas 12,14 (nilai pra siklus 71,69 dan nilai siklus I 83,83) dan ketuntasan hasil nilai belajar sebesar 42,42% (pada pra siklus 45,45% dan siklus I 87,87%). Sedangkan untuk hasil nilai belajar siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 1,43 (nilai siklus I 83,83 dan siklus II 85,26) dan ketuntasan sebesar 6,07% (pada siklus I 87,87% dan siklus II 93,94%). Disimpulkan bahwa pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar telah mencapai hasil yang diharapkan dalam penelitian ini, dimana masing-masing telah mencapai indikator ketercapaian sebesar >75%.




The objective of research was to improve the learning achievement of negotiation and confirmation matter in the students of State Vocational High School 1 of Sukoharjo through using blog as learning media. This study was a classroom action research (CAR). This research was taken place in two cycles in nine meetings, with duration of 2 x 45 minutes for each meeting, and each cycles consisted of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of research was the 11th Marketing 1 Graders of State Vocational High School 1 of Sukoharjo in the school year of 2014/2015, consisting of 33 students. Techniques of collecting data used were observation, test, field note, interview, and documentation. Technique analyse data is quantitative analysis, analysis qualitative, analyse comparability. The result of research showed that the utilization of blog could evidently improve learning achievement. It could be seen from the increase in the students’ learning outcome score from the mean class score of 71.69 in pre cycle to 83.83 in cycle I (increasing by 12.14 points) and from the learning passing score of 45.45% in pre cycle to 87.87% in cycle II (increasing by 42.42%). Meanwhile, for the learning outcome in cycle II, the mean class score increased by 1.43 points (from 83.83 in cycle I to 85.26 in cycle II) and the passing score by 6.07% (from 87.87% in cycle I to 93.94% in cycle II). Thus, it could be concluded that the utilization of blog as learning media to improve learning achievement had achieved the expected result in this research, in which the where each has achieved indicators reached by >75%.


Keywords


blog, media pembelajaran, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.