candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN PERALATAN KANTOR DI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Mujiono - -, Soetarno Joyoatmojo - -, Djoko Santoso - -

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengoperasikan peralatan kantor siswa kelas XI Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, teknik analisis secara kualitatif dan deskripsi komparatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe Group Investigation (GI) dipadukan dengan media Power Point dapat meningkatkan Prestasi Belajar Mengoperasionalkan Peralatan Kantor Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Peningkatan terjadi pada siklus I dan Siklus II. Sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative tipe Group Investigation (GI) dipadukan dengan media Power Point nilai rata-rata kelas adalah 73 dengan presentase ketuntasan 34,8%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,12 dengan presentase ketuntasan 78,13% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan presentase ketuntasan 84,83%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative tipe Group Investigation (GI) dipadukan dengan media Power Point dapat meningkatkan Prestasi Belajar Mengoperasionalkan Peralatan Kantor siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Sukoharjo.

 

 

The purpose of this study is to enhance the activity and student achievement in the subjects operate office equipment Office class XI student of SMK Negeri 1 Sukoharjo.This research used the Classroom Action Research (CAR). The study was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. The subjects were students of class XI Departement Office of State Vocational High School 1 Sukoharjototaling 32 students. Source of data derived from students, teachers, and documents. Data collection techniques are observation, testing, documentation and interviews. Techniques for the validity of the data used triangulation of data sources and triangulation methods. The data analysis technique used is descriptive analysis techniques , qualitative analysis techniques and comparative description.

The results of research shows that through the application of cooperative learning model with type Group Investigation (GI) can improve activeness and learning achievement Manage office equipment at Grade XI Departement Office State Vocational High School 1 Sukoharjo In Academic Year 2015/2016. The increase occurred in the first cycle and the second cycle. Before application of cooperative learning model with type Group Investigation (GI) grade average score is 73 with the percentage of completeness 34.8%. In the first cycle class average value increased to 77.12 with the percentage of completeness 78.13% and the second cycle the average value increased to 80 grade with a percentage of completeness 84.83%. The conclusions of this research is the application of cooperative learning model type Group Investigation (GI) can improve learning achievement Goods Administration subject matter in Grade XI Marketing of State Vocational High School 1 Sukoharjo.


Keywords


Group Investigation (GI), Keaktifan, prestasi belajar Menopersikan peralatan kantor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.