candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KOLABORASI PBL DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA KARTIKATAMA METRO LAMPUNG

Effy Irmawati - -, Trisno Martono - -, Wiedy Murtini - -

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan kolaborasi model pembelajaran PBL dengan model kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Kartikatama Metro;(2). Mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan kolaborasi model PBL dengan model  kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Kartikatama Metro;(3). Mengetahui pengaruh penerapan kolaborasi model PBL dengan model kooperatif tipe STAD. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi eksperimen. Penerapan model PBL yang dikolaborasikan dengan model kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jika dibandingkan dengan kelas X-A yang hanya menggunakan model PBL dalam proses pembelajarannya, kelas X-D jauh lebih baik dari segi peningkatan hasil belajar. Seperti yang diketahui dari perolehan nilai pretest dimana X-A memperoleh nilai 46,3 sedangkan kelas X-D memperoleh nilai 51,4 dimana kedua kelas tersebut masuk kategori hasil belajar yang rendah dan jauh dari nilai KBM (75). Namun, setelah berlangsungnya proses pembelajaran, memperoleh hasil belajar yang jauh lebih baik. Dapat diketahui dari perolehan hasil belajar kedua kelas tersebut , kelas X-A memperoleh nilai 68,04 sedangkan kelas X-D memperoleh nilai 80. Dari kedua perolehan hasil belajar tersebut jelas terlihat perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.

 

 

This study aims to find out : (1) students' learning outcome before the collaboration of PBL instractional model and STAD cooperative instructional model being applied for 10th grade students of SMA Kartikatama Metro ;(2)  students' learning outcome after the application of the method and technique;(3) the influence of collaboration application of PBL instructional model and STAD cooperatice instructional model.  This was quantitative research with a quasi-experimental design.  Application of PBL teaching method collaborated with STAD cooperative instructional model is able to improve students' learning outcome and give significant influence towards the improvement of students' learning outcome at economics subject.  Compared to the class X-A of social program that only applies PBL instructional model, class X-D is better in case of learning outcome improvement.  Given that the result of pre-test, class X-A and X-D get 46.3 and 51.4 respectively. Those two scores are categorized into less than or far from the Minimum Mastery Criteria (KBM) by 75.  But, after the implementation of PBL instructional model and STAD cooperative instructional model, outcome learning rises.  The result of learnig outcome of those two classes shows that class X-A gets 68.04 while class X-D gets 80.  Those two learning outcomes indicate a significant difference on students' learning outcome in economics subject. 


Keywords


Pembelajaran Ekonomi, PBL, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD,dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.