candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUKAN HAND OUT DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di kelas X TGB A SMK Negeri

Dita N Setyaningrum, Anis Rahmawati, Abdul Haris S

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together
(NHT) berbantukan hand out dan Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran Mekanika
Teknik di kelas X TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo, (2) Untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number
Heads Together berbantukan hand out dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada mata
pelajaran Mekanika Teknik di kelas X TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Diawali dengan tindakan pra siklus untuk
mengidentifikasi permasalahan yang ada didalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB A
SMK Negeri 2 Sukoharjo dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, kajian dokumen, dan tes. Uji validitas data
menggunakan triangulasi data dan analisa data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Number Heads Together berbantukan hand out dan Lembar Kerja Siswa
(LKS) di kelas X TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo dapat meningkatkan : (1) Hasil
belajar siswa kelas X TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo dapat meningkat setelah
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together berbantukan
hand out dan Lembar Kerja Siswa (LKS), (2) Persentase kelulusan kelas: Hasil belajar
ranah kognitif pada pra siklus 0%, siklus I 5,71% dan siklus II 82,86%; Hasil belajar
ranah afektif pada tahap pra siklus 48,57%, siklus I 51,43% dan siklus II 85,71%; Hasil
belajar ranah psikomotorik pada tahap pra siklus 0%, siklus I 14,29% dan siklus II 80%.
Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe Number Heads Together berbantukan hand out dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
tidak hanya mampu meningkatkan penilaian ranah kognitif tetapi juga penilaian ranah
afektif dan ranah psikomotorik serta efektif dalam meningkatkan minat dan keaktifan
siswa kelas X TGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo pada mata pelajaran Mekanika Teknik.


Kata Kunci: Number Heads Together (NHT), hand out, Lembar Kerja Siswa (LKS),
hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.