candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN, PERAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X RUMPUN BANGUNAN SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Antok D Pranadi, Roemintoyo Roemintoyo, Bambang S Budhi

Abstract


Antok Dian Pranadi. HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN, PERAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGANPRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X RUMPUN BANGUNAN SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2014.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif yang signifikan antara : (1) Media pembelajaran dengan prestasi belajar, (2) Peran orang tua dengan prestasi belajar, (3) Lingkungan belajar dengan prestasi belajar, (4) Media pembelajaran, peran orang tua dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar.

Penelitian ini mengambil lokasi di SMK N 1 Bendo, Kabupaten Magetan.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi siswa kelas X tahun ajaran 2012/2013 rumpun bangunan yang berjumlah 68 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 50% dari keseluruhan populasi yaitu 34 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan Product Moment Pearson Correlation untuk uji validitas, untuk uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach’s, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan regresi ganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada hubungan yang positif signifikan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar dapat diterima. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai fhitung 1,820pada taraf signifikansi (p) sebesar 0,079 kurang dari ftabel  0,10. (2) Ada hubunganyang positif signifikan antara peran orang tua dengan prestasi belajar dapat diterima. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai fhitung  2,090pada taraf signifikansi (p) sebesar 0,045 kurang dari ftabel  0,10. (3) Ada hubungan yang positif signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar dapat diterima. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai fhitung 2,397pada taraf signifikansi (p) sebesar 0,029 kurang dari ftabel  0,10. (4) Ada hubungan yang positif signifikan antara media pembelajaran, peran orang tua dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar dapat diterima. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai fhitung  13,573pada taraf signifikansi (p) sebesar 0,000 kurang dari ftabel  0,10.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan positif signifikan antara media pembelajaran, peran orang tua dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar dapat diterima pada siswa Kelas X Rumpun Bangunan SMKN 1 Bendo Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Peran Orang Tua, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.