candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMP Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di SMP Islam Bakti 1 Surakarta

Fatma Sukmawati

Sari


Sistem pengajaran Indonesia masih dilakukan secara manual dengan menggunakan media yang konvensional seperti kertas (buku) dan papan tulis. Berdasarkan kenyataan ini, maka timbul suatu gagasan untuk membuat suatu aplikasi pembelajaran matematika SMP (Sekolah Menengah Pertama) untuk bekal menghadapi UAN (Ujian Akhir Nasional) berbasis android. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu mengembangkan aplikasi pembelajaran biologi smp berbasis android untuk bekal menghadapi UAN di SMP Islam Bakti 1 Surakarta. Pengembangan media pembelajaran ini, dilakukan dalam bebarapa tahap. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil pengembangan berupa aplikasi Android yang memuat materi biologi SMP.Setelah dilakukan penelitian melalui tahap-tahap tersebut, maka diperoleh hasil penelitian berupa media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran biologi yang bisa dijadikan salah satu alternatif bagi siswa SMP dalam mempelajari biologi SMP.

 

Kata kunci : Biologi, android, UAN, pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:

Rineka Cipta

Dick, Walter dan Lou Carey. 1978. The Systematic Design of Instruction. USA: Scott,

Foresman and Company.

Elissavet, Georgiadou dan Economides, Anastasios A. 2000. Evaluation Factors of Educational Software (Online). Proceedings International Workshop on Advanced

Learning Technologies (IWALT). California: IEEE hal 113-120,

(http://conta.uom.gr/conta/publications/PDF/Evaluation%20Factors%20of%20Ed

ucational%20Software.pdf, diakses pada 11Januari 2012)

Georgiev, Tsvetozar, dkk. 2004. M-Learning – a New Stage of E-Learning (Online),

disampaikan dalam International Conference on Computer Systems and Technologies, (http://ecet.ecs.ru.acad.bg/cst04/docs/siv/428.pdf, diakses pada 30 Desember 2014)

Hera, kusumawati. 2012. Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Komputer Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Dengan Macromedia Flash. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar Masa

Kini. Jakarta:Depdikbud.

O’Malley,C, dkk. 2003. Guidelines For Learning/Teaching/Tutoring in a Mobile Environtment (Online), (http://www.mobilearn.org/download/results/guidelines.pdf , diakses pada 29Agustus 2014)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.