candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MEDIA SIMULASI KAMERA DIGITAL MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO

Andi Kristanto

Sari


Dalam mata kuliah pengembangan media foto, mahasiswa masih sulit memahami materi tentang aperture, speed dan ISO. Pengaturan dari ketiga kombinasi ini adalah dasar dari fotografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2013 dengan jumlah 47 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data hasil pengamatan, tes diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran simulasi kamera digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi pada mata kuliah pengembangan media foto. Berdasarkan hasil penelitian, pada pra siklus hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata sebesar 41,20. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,75. pada siklus I ini rata-rata mahasiswa naik dibandingkan dengan rata-rata pada pra siklus. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 85,77. Hal tersebut menunjukkan terdapat kenaikan hasil belajar pada siklus II. Dari hasil analisis data di atas menunjukkan ada peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaraan simulasi kamera digital. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dari persentase keberhasilan yang diperoleh dari tes yang diberikan kepada mahasiswa.

 

Kata kunci: Implementasi, Simulasi Kamera digital, Pengembangan Media Foto


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aqib, Zaenal. 2008. Penelitian Tindakan kelas, Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, Arsyad. 1999. Media pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baharuddin dan Wahyuni, Nur. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media group.

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Basyirudin, Usman, M. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Budiningsih, C. Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Rosda Karya.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara.

Nurdin, Syafruddin. 2002. Dosen Profesional Dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pers.

Sadiman, Arief S, dkk. 2007. Media Pendidikan Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.