candi borobudur kerajaan di indonesia

Literasi Informasi dalam Pembelajaran Sejarah: Melahirkan Kepekaan Sosial Siswa

Rizqa Ayu Ega Winahyu

Sari


Abstrak

Literasi informasi merupakan ketrampilan untuk berfikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi informasi di Indonesia dikembangkan dan didukung oleh standar nasional. Kementerian pendidikan dan kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran. Secara tujuan umum adalah jelas agar menjadi pembelajar sepanjang hayat dengan langkah awal pembiasaan membudayakan membaca dan kemudian naik pada tahap selanjutnya. Sejarah merupakan bagian dari salah satu kelompok ilmu sosial dan pokok pembelajaran sejarah adalah ruang dan waktu atau contoh lebih sederhananya adalah mempelajari peristiwa-peristiwa penting masa lampau. Belajar sejarah berarti belajar akan masa lalu, masa kini dan masa depan. Namun, realita pembelajaran sejarah yang tidak berjalan dengan baik berdampak kepekaan sosial siswa sekarang ini. Kepekaan sosial secara tersirat merupakan bagian dari makna literasi itu sendiri. Literasi juga mencakup bagaimana seseorang berkomunikasi dalam masyarakat kemudian sebuah hubungan sosial yang terbentuk dengan pengetahuan, bahasa dan budaya. Kepekaan sosial sangat penting untuk setiap orang termasuk siswa karena mereka sadar tidak bisa hidup sendiri. Siswa membutuhkan teman dalam belajar untuk bertukar pikiran, berdiskusi, maupun berkompetisi. Hal kecil namun besar dampaknya sehingga dapat membentuk kepekaan sosial siswa yang sering dianggap biasa adalah bentuk-bentuk menghormati, menghargai dan memperhatikan dan hal tersebut termasuk dalam proses pembelajaran sejarah. Namun, bukan hal yang mudah untuk menciptakaan kepekaan sosial siswa. Strategi untuk melahirkan bahkan menumbuhkan kepekaan sosial siswa memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang baik oleh guru maupun setiap individu yang ingin merealisasikannya.   

Kata kunci: literasi informasi; pembelajaran sejarah; kepekaan sosial


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.