candi borobudur kerajaan di indonesia

Eksplorasi Nilai Falsafah Hidup Orang Banjar pada Pembelajaran Sejarah sebagai Landasan Moral dan Karakter Siswa di Kalimantan Selatan

Dewicca Fatma Nadilla

Sari


Abstrak

Orang Banjar dikenal memiliki falsafah hidup kuat yang kemudian menjadi pembentuk karakternya, hal ini kemudian dapat ditemukan dari kebiasaan, adat-istiadat, semboyan, serta petuah yang selalu diajarkan para tetua pada anaknya. Falsafah hidup orang Banjar jika dieksplorasi lebih dalam menyajikan nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan teladan dan prinsip hidup bagi generasi muda. Jika diamati lebih dalam maka secara tersirat falsafah hidup orang banjar menempatkan suatu tata nilai moral yang sangat tinggi dan tak lepas dari ajaran Islam sebagai landasannya. Akan tetapi realitanya adalah bahwa ditengah derasnya gempuran globalisasi yang membawa kehedonisan dan kepraktisan keluhuran nilai yang terkandung dalam falsafah hidup orang banjar sudah mengalami suatu degradasi yang cukup mengkhawatirkan, hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai luhur pembentuk moral dan karakter sudah mulai ditinggalkan terutama oleh generasi muda yang idealnya sebagai agen pelestari budaya Banjar. Kemerosotan moral yang terjadi khususnya di Kalimantan Selatan dapat dilihat dari meningkatnya kasus kriminalitas dan kekerasan yang melibatkan remaja usia sekolah. Pendidikan sejarah berperan sangat penting sesuai khithahnya sebagai pendidikan berbasiskan pada penananaman nilai yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik. Oleh sebab itu maka tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengungkapkan suatu rancangan strategi penanaman nilai falsafah hidup Orang Banjar dalam pembelajaran sejarah guna meningkatkan kesadaran moral peserta didik. Adapun metode kualitatif melalui studi pustaka dengan cara mengumpulkan dokumen atau literature terkait dengan judul penulisan.

Kata kunci: Falsafah hidup; Karakter; Moral; Orang Banjar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.